On 13/10/09 15:30 +07:00 Iwan Setiawan wrote:
> Berarti action yang harus dilakukan bagi kami adalah 1. buka/aktifkan
> port tsb di mdaemon 2. rubah setting di client untuk menggunakan
> fitur yang baru tersebut Baru bebas dari spam yang from & to-nya
> sama.

Ya.
Rasanya saya pernah posting soal ini di milis ini dulu...hmm ....nah ini dia

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg10451.html

ternyata sdh 2 tahun lebih lho.

Di beberapa korporasi malah sudah lama jadi SOP agar semua email client
mengunakan MSA port dan personal firewallnya di set memblock smtp port
25 agar LAN mereka bebas worm virus.

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg10732.html

Sementara cara mengubah setting port di email client juga sudah pernah
di posting juga

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg16236.html

> Cuma sekedar tergerak di otak, apakah fitur client menggunakan port
> selain 25, sudah di support di BB & symbian. Sehingga bagi big bos
> yang menggunakan fitur tsb tetap bisa jalan.

Symbian maupun WinMo bisa diubah smtp portnya menjadi 587, sementara
kalau Blackberry tidak perlu karena semua BIS user akan kirim mail
melalui server RIM blackberry.com yg menerapkan BATV shg MAIL FROM nya
berubah, tidak terfilter ipshield.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 10.1.1

Versi terakhir MD 10.1.1, SP 4.0.2, OC 2.2.3, SG 2.0.1, PP 1.1

Kirim email ke