Mas Edi, sudah punya DNS local ato belum ?
Jawab : sudah
karena klo koneksi antar sites menggunakan leased lines
Maka lebih enak koneksi antar MDaemon menggunakan IP Privatenya (IP Local),
bukan IP public begitu, he he he.
Jawab : Dari awal memang sudah menggunakan IP Lokal saja Pa.
itu kejadian kemarin saya juga ga tahu penyebab nya kok bisa lari ke inet harus nya gak. Saya sudah datangkan orang ISP nya juga dia juga bingung sendiri... kok bisa begitu. Sampai sore dia utak-atik belum ketemu juga, dia bilang sama server ISP juga di respon kemudian di kembalikan lagi ke domain cmg dan di teruskan ke bekasi. Kejadian kemarin itu kirim ke All_user untuk informasi cmg & bekasi tapi yg ke bekasi masuk bad queue.
Sudah di pindah ke remote queue ga jalan2 balik lagi ke cmg.
kondisi skrg sudah ok biarpun masuk ke bad queue dulu dan di move ke remote queue bisa terkirim ke bekasi.
Mungkin yg di katakan Pa Syafril benar
problem terjadi saat koneksi putus atau
unrechable sehingga mail dikirim lewat smarthost.

Versi terakhir MD 10.1.2, SP 4.0.2, OC 2.2.3, SG 2.0.2, PP 1.1

Kirim email ke