>Anda meletakkan MDaemon dibelakang firewall?
Betul sekali, MDaemon server saya letakkan di belakang firewall.
Apakah ada port yang harus dibuka lagi selain SMTP (25)?
Saya pernah baca di milis ini bahwa kita harus membuka ICMP agar server
dapat berkomunikasi dengan baik ke server lain, apakah itu diperlukan? Kalau
boleh tahu, ICMP yang mana ya? Soalnya ICMP itu ada ICMP-IN

>Winsock error 10060 artinya MDaemon memutuskan koneksi karena receiver
>tidak response dalam selang idle time out.
>Coba check idle timer time out di MDaemon Anda.
>http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg08940.html
Saya sudah coba cek ke archive di atas, tapi koq menunya agak beda ya?
Kalau di archive tersebut, Setup -> Primary Domain -> Timer, tapi saya coba
cek di MDaemon 10.1.2, yang ada Setup -> Default Domain and Servers ->
Timeouts or Sessions? Bagian mana yang harus saya perhatikan?
Mohon pencerahannya sekali lagi.

>Server Anda dianggap melakukan host forgerry shg direject.
>Coba perbaiki FQDN host MDaemon Anda
Sudah saya perbaiki seperti masukan dari Pak Syafril seperti berikut ini;
FQDN for this host: mailsvr.kddi.co.id

>Tambahkan address aliases
>postmas...@mailsvr.kddi.co.id = postmas...@kddi.co.id
>ab...@mailsvr.kddi.co.id = ab...@kddi.co.id
Sudah saya tambahkan, pak Syafril

>Dilihat dulu isi messagenya dari queue and stat manager, cari header
diatas.
>Setelah tahu alasan mengapa masuk ke bad queue baru ditentukan langkah
>berikutnya, check ke log dilakukan nanti.
Terima kasih untuk pencerahannya karena saya dari kemarin mencari-cari di
logfile. Akhirnya saya temukan dan 17messages yang ada di Bad Queue
mempunyai reason yang sama;
Mungkin dikarenakan sudah beberapa kali retry (atau berada di Retry Queue),
sesuai dengan settingan limit retry, email tersebut dianggap Bad. Makanya
masuk ke Bad Queue, bukan begitu Pak Syafril? Mohon pendapatnya.

Pak Syafril, setelah melakukan perubahan settingan di atas, apakah MDaemon
perlu direstart?

Terima kasih,
Sudibyo

Versi terakhir MD 10.1.2, SP 4.0.2, OC 2.2.3, SG 2.0.2, PP 1.1

Kirim email ke