On 01/10/10 20:08, e.rohiyat wrote:

> Hari ini ada kejadian aneh dengan  Mdaemon di kantor, beberapa user komplain
> karena pada kolom forwarding terdapat alamat email sebagai alamat forward (ke
> domain gmail.com 2 buah dan aol.com 2 buah). Setelah saya cek lebih dalam
> lagi
> ternyata ada sekitar 50an user dari 1600an user yg diforward ke alamat
> tertentu
> tadi (gmail dan aol). User tidak merasa memasukkan alamat email untuk
> diforward
> dan tidak tahu milik siapa alamat email tsb.

Yg bisa menset itu disamping user masing-2x (kalau memang diberi hak)
tentunya Administrator dan sysadmin (orang yg berhak akses/login ke
server secara interactive).
Sudah ditanyakan ke semua pihak terkait?

Sekarang sudah dihapus semua forwarding address tersebut?
Sebagai tindakan pengaman sebaiknya kedepan semua Administrator (kalau
punya lebih dari 1 orang) akses ke MDaemon hanya lewat Webadmin sehingga
semua aksi perubahannya tercatat di log.
Perubahan lewat MDaemon console sudah dilacak karena tidak tercatat di log.

Running MDaemon 12.0 beta RC5

Everything in this book may be wrong.
        -- Messiah's Handbook : Reminders for the Advanced Soul

Versi terakhir MD 11.0.3, SP 4.1.2, OC 2.2.5, SG 2.0.4, PP 2.0.0

Kirim email ke