> Ini asli mail looping.
>
> Kalau pakai domain distribution jangan di set deliverynya
> "Send all
> outbound email to the 'Server' specified below" khususnya
> kalau punya mx
> backup.
>
> <http://mdaemon.dutaint.co.id/11.0/index.html?default_domain_and_servers_delivery.htm>
>
> [x] Send all outbound email directly to the recipient's
> mail server

Pak, Syafril..awalnya setingan kami memang seperti itu, tapi pada saat kami
pindah IP Public ke Telkom,kami sering tidak bisa mengirim email
keluar,sehingga kami tanya ke pihak telkom dan dari telkom menyuruh kami agar
menggunakan smtp.telkom.net:587 agar email bisa dikirim keluar domain (itu atas
arahan telkom, harus menggunakan SMTP mereka)setingan ini hanya pada
HO,sedangkan pada kantor cabang deliverynya saya seting ke
[x] "Send all outbound email to the 'Server' specified below"
(saya masukkan IP VPN dari server HO [192.168.3.11])
apakah ada yg salah dari setingan tersebut?dan pada server mana saja yg harus
saya ubah?

> Untuk itu MDaemon harus didaftarkan ke ISP sebagai
> MailServer yang
> authorized for sending mail (sekarang ini server itu cuma
> authorized for
> receiving mail).
> Minta ke ISP untuk membuatkan PTR record (rDNS) untuk
> public IP yang
> digunakan MDaemon 222.124.217.94 pointing ke
> mail.rea.co.id.

yang ini saya belum mengerti pak,bukankah kami sudah mendaftarkannya ke ISP
(PAKTEL) untuk membuat NSrecord rea.co.id, apakah berbeda maksudnya dengan PTR
record (atau tidak otomatis dibuatkan?)

> Yang kedua, mx backup terbaik untuk domain sharing adalah
> pairing server
> (server lain yang juga handle domain rea.co.id).

maksudnya gimana pak pairing server? pada kantor cabang juga handle domain
rea.co.id (sdh diaktifkan domain sharing dan mingernya)

Versi terakhir MD 11.0.3, SP 4.1.2, OC 2.2.5, SG 2.0.4, PP 2.0.0

Kirim email ke