> Jawaban saya juga samar-2x ya :-)
waduuh.. jangan pak .. OK. next time tidak samar-samar.

> Kalau MDaemon punya lebih dari 1 IP, di set saja agar semua IP
> punya PTR record yang sama, mau linenya pakai ISP A, B,C atau Z
> tidak jadi masalah, yang jelas pembuatan PTR record memang
> harus ke ISP bukan DNS hoster.

Boleh saya summary jawaban dari Pak Iwan dan Pak Syafril?

Jadi kesimpulannya:
1. ISP A
- Sudah ada 1 IP Public yg di-assign untuk MX record
- IP Public ini di NAT ke MDaemon Server
- Sudah ada PTR record di ISP A terhadap IP Public itu

2. ISP B
- Assign 1 IP Public dari ISP B , lalu buat MX record baru
- IP Public ini harus di NAT juga ke MDaemon Server
- Buat PTR record di ISP B terhadap IP Public baru ini.

Apa benar?

Sekarang pertanyaan saya:

Apakah artinya kami punya 2 MX record walaupun dg domain yg sama?
- IP:1.1.1.1 dari ISP A untuk MX record: mail.fastratabuana.co.id
- IP:2.2.2.2 dari ISP B untuk MX record: mail.fastratabuana.co.id

atau
- IP:1.1.1.1 dari ISP A untuk MX record: mail.fastratabuana.co.id
- IP:2.2.2.2 dari ISP B untuk MX record: mail-1.fastratabuana.co.id

Saya masih bingung pak, jujur karena pengetahuan DNS saya sangat luar biasa ..
minimnya.. :)

Terima kasih pak Iwan, pak Syafril.

regards,
Horasi

Versi terakhir MD 11.0.3, SP 4.1.2, OC 2.2.5, SG 2.0.4, PP 2.0.0

Kirim email ke