On 06/22/2011 02:33 PM, FX Pratomo alias Tommy - IT wrote:
> saya lihat di baris terakhir dari errornya, "No such user" apakah itu
> artinya alamat email yg dituju itu ga valid / tidak ada gitu yah pak
> ?

Ya.

> Trus kira-kira dari error message ini error apalagi yg bisa
> menyebabkan email ini tidak terkirim yah pak ?

Macam-2x sih, misalkan domain recipient not exis dll.
Intinya adalah kalau errornya
4XX = Non Fatal error, dalam hal ini MDaemon akan retry to send
5XX = Final/fatal error, dalam hal ini MDaemon akan generate DSN
(delivery status notification) of failure message ke Original Sender.

> Mungkin ga email dari kita di reject oleh server mereka, lalu di
> munculkan error 550 " No such user here"

Secara umum tidak.
Pengecualian jika receiver memang ingin melakukan deception
(pengelabuhan), misalkan saja saat terima mail dari sender host yang
masuk dalam daftar blacklist DNS-BL.

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg20483.html

jika menu
[ ] SMTP server should refuse mail from black-listed IPs
        [ ] ...and respond with 'Message' rather than 'user unknown'

response ke sender adalah 550 unknown user

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 12.5.0 beta E

Versi terakhir MD 12.0.3, SP 4.1.3, OC 2.2.7, SG 2.0.6, PP 2.0.0

Kirim email ke