On 09/07/2011 09:34 PM, Edi IS wrote:
> Sebelumnya Mail server kita pakai IP statis kemudian di diganti ke
> Dinamis menggunakan server DHCP.

Semua server (apapun aplikasinya) wajib pakai static IP agar client
tidak kesulitan connect ke server.
Setidaknya kalau clientnya hanya local LAN, private IPnya wajib static,
sementara public IP boleh saja dynamic kalau memang server itu hanya
digunakan untuk sending mail (kalau juga terima mail langsung dari
internet, maka public IP wajib static juga).

> Pada settingan IP Addres dan DNS sekarang pakai dinamis.
> Apakah setingan yang di Mdaemon untuk DNS tidak berlaku lagi ?
> dan di gantikan oleh settingan di LAN CARD TCPIP.
> Sebaiknya pakai settingan DNS di MDaemon atau yang di TCPIP ?

Kalau koneksi internet sering berganti (MDaemon hanya digunakan untuk
sending, receiving melalui jalur lain misalkan ODMR atau DomainPOP) maka
lebih aman pakai DNS follow setting di tcp/ip NIC

http://mdaemon.dutaint.co.id/12.0/index.html?default_domain_and_servers_dns.htm

[x] Try to use DNS servers defined in Windows TCP/IP settings

dengan demikian pergantian koneksi dari satu ISP ke ISP lain akan
berjalan normal tanpa perlu mengubah isian DNS di menu diatas.

> ya Saya coba clear DNS  dan reboot server

Test lagi kirim mail ke domain jp.panasonic.com untuk memastikan, atau
dari command shell (dos prompt) ketikkan

c:\ nslookup -q=mx jp.panasonic.com 172.17.148.2

yang benar hasilnya mirip ini

$ nslookup -q=mx jp.panasonic.com
Server:         192.168.1.10
Address:        192.168.1.10#53

Non-authoritative answer:
jp.panasonic.com        mail exchanger = 50 smtp4.mei.co.jp.
jp.panasonic.com        mail exchanger = 60 jazz.mei.co.jp.
jp.panasonic.com        mail exchanger = 70 kings.mei.co.jp.
jp.panasonic.com        mail exchanger = 80 bulls.mei.co.jp.
jp.panasonic.com        mail exchanger = 10 smtp.mei.co.jp.
jp.panasonic.com        mail exchanger = 20 smtp1.mei.co.jp.
jp.panasonic.com        mail exchanger = 30 smtp2.mei.co.jp.
jp.panasonic.com        mail exchanger = 40 smtp3.mei.co.jp.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 12.5.0 beta L

Versi terakhir MD 12.0.4, SP 4.1.3, OC 2.2.8, SG 2.0.6, PP 2.0.0

Kirim email ke