On 11/11/2011 09:12 AM, Agus Firmansyah wrote:

>>> 36.29.124.222.in-addr.arpa. PTR     mail.ptist.co.id.

> Apa tidak ada masalah jika PTR record dihapus ? karena kami
> menginginkan Telkom tetap sebagai back up jika email kami down.

Kan yang dihapus hanya satu, yang lain (yang sudah benar) tetap eksis

36.29.124.222.in-addr.arpa. PTR mail.ptist.co.id.

yang diatas itu adalah PTR record yang benar, yang lain salah.
PTR record cuma boleh di pointing ke satu host, kalau lebih dari satu
defaultnya akan round robin (hasil resolve akan bergantian) sehingga
terkadang hasil benar terkadang salah.

PTR record tidak ada hubungannya dengan MX backup, PTR record dibuatkan
agar MDaemon Anda authorized for sending mail ( di endorse oleh ISP).
Lebih rinci bisa baca artikel berikut:

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg20502.html

> Sudah lama ganti Ip publicnya, tapi kami ingin Telkom sebagai back
> up, saat email kami down, email masih bisa diterima ditelkom. Apa
> bisa ?

Tidak masalah.
Sekarang ini semua mail untul domain ptist.co.id masuk dulu ke server telkom

$ dig ptist.co.id mx +short
10 mailgate1.telkom.net.id.
20 mx2.telkom.net.id.

akan lebih baik jika first attempt delivery masuk langsung ke
mail.ptist.co.id, jadi mintakan ke Telkom untuk mengubah DNS resource
record sbb:

ptist.co.id mail is handled by 10 mail.ptist.co.id
ptist.co.id mail is handled by 20 mx2.telkom.net.id.

mail.ptist.co.id has address 222.124.29.36

> Terus yang jadi pertanyaan juga, kenapa hanya ke user email
> *@samator.com saja yang tidak bisa ?

Kebetulan server mail.samator.com mengaktifkan connection base antispam
dimana hanya sender host yang mengikuti regulasi internet mail yang
diperbolehkan connect, seperti yang ada di artikel berikut

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg20477.html

mestinya outbound mail ke domain-2x yang servernya mengaktifkan antispam
macam itu akan direject juga.
Semalam saya sudah masukkan IP 222.124.29.36 kedalam pengecualian, kalau
server mail.samator.com sudah mengaktifkan

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg21142.html

maka sekarang MDaemon Anda akan bisa kirim mail ke domain samator.com.
Akan tetapi Anda tetap mengusahakan ubahan DNS dan PTR record ke Telkom,
karena yang mengaktifkan antispam macam itu bukan hanya MDaemon
Indonesia user saja.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 12.5.1 Beta D

Versi terakhir MD 12.5, SP 4.1.3, OC 2.2.8, SG 2.0.6, PP 2.0.0

Kirim email ke