On 04/18/2012 03:39 PM, Widy Indrayanto wrote:
> Ada beberapa user kami yang pergi ke luar negeri 2 hari ini. Saya
> mendapatkan keluhan dari mereka kalau mereka tidak bisa mengakses
> email dari sana.

Apa error lengkapnya yang tampil di outlook saat akses mail dari luar
negeri?

> Pertanyaannya adalah apakah ada setting MDaemon yang memblokir akses
> dari luar negeri?

Untuk akses pop3 (port 110) dan msa (port 587) mestinya tidak masalah
[1], yang bermasalah adalah akses port 3000 karena tidak semua provider
atau corporate LAN membuka port 3000.
Sebaiknya diubah saja port yang digunakan worldclient menjadi 80, karena
port 80 (http port) hampir tidak ada yang memblock.

<http://mdaemon.dutaint.co.id/12.5.4/wc__web_server.htm>

Run WorldClient server using this TCP port: 80

[1] bisa di test dengan telnet dari dos sheel (dos prompt)

c:\ telnet mail.ngkbusi.com 587

hasil yang benar mestinya mirip ini

$ telnet mail.ngkbusi.com 587
Trying 180.211.94.131...
Connected to mail.ngkbusi.com.
Escape character is '^]'.

220 mail.ngkbusi.com ESMTP MSA MDaemon 12.5.3; Wed, 18 Apr 2012 15:53:12
+0700

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 12.5.5 Beta B

Versi terakhir MD 12.5.4, SP 4.1.4, OC 2.2.9, SG 2.0.7, PP 2.0.0

Kirim email ke