alien wrote on 28/06/12 15:57 +07:00:
> User saya ada masalah lagi mengenai email yang tidak diterima.  Berikut log
> SMTP(In) :

> Thu 2012-06-21 13:27:53: [139501:16] --> 550 failed to meet SPF requirements

> Kalau seperti ini permasalahannya dimana ya?

Mail dikirim melalui sender host/IP yang tidak terdaftar di SPF record.

> SPF itu apa?

Sender Policy Framework

<http://www.openspf.org/>

<http://en.wikipedia.org/wiki/Sender_Policy_Framework>

> apakah bisa dibuatkan pengecualian juga?

Itu terserah kepada pengelola domain bukan ke penerima/receiver, maksud
utamanya adalah agar tidak setiap orang bisa kirim mail mengatasnamakan
domain yang di proteksi dengan SPF.
Kelemahan dari SPF adalah tidak mendukung mail forwarding, sehingga
kalau mail untuk MDaemon Anda melalui relayhost maka sebaiknya SPF
checker di disable saja (mirip dengan DNS-BL yang sebaiknya didisable,
pasrahkan saja ke mail hoster).

http://mdaemon.dutaint.co.id/12.5.5/security__spf__sender_id.htm

[ ] Verify sending host using SPF
[ ] Verify PRA using Sender ID

Atau kalau punya MX backup maka masukkan IP address MX backup kedalam
SPF whitelist.

Sekarang ini jarang orang menerapkan SPF kecuali "kurang gaul" sehingga
tidak tahu kelemahan utama SPF, jika yang merasa perlu proteksi domain
terhadap penyalahan penggunaan domain (domain abuse) orang menggunakan
DKIM (Domain Keys Identified Mail).

http://en.wikipedia.org/wiki/DomainKeys_Identified_Mail

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 12.5.6 Release Edition

Versi terakhir MD 12.5.6, SP 4.1.4, OC 2.2.9, SG 2.0.7, PP 2.0.0

Kirim email ke