On 10/10/2012 03:10 PM, Tommy - IT wrote:
> apakah karena versi thunderbird yg "uzur" juga ada pengaruhnya pak ?
> sehingga mail commandnya banyak yg salah.

Ya, umumnya aplikasi saat merubah versi ada perbaikan bug dan fitur.
Misalkan saja sejak TB 4.x sudah ada penambahan fitur IMAP compress yang
akan berperan besar saat dipakai remote user yang pakai IMAP (asal
MDaemonnya sudah versi 13.x).
Di TB versi 15.x tidak perlu lagi add on "Selected text when reply"
karena sudah built in dst.

> Kalau saya cek, cuma mdaemon sama security plus aja yg aktif di mail
> server, dan memang tidak ditumpangi antivirus lain ato aplikasi
> lainnya, hanya mail server saja pak.

Kalau sepintas melihat lognya, kelihatannya MDaemon run dibelakang
firewall ya?
Apakah di firewall diaktifkan tcp filtering?
Kalau ya, coba disable semua filtering (apapun itu) dan lihat hasilnya.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0.1 SecurityPlus 4.1.5 beta A