 From: Syafril Hermansyah <syaf...@dutaint.co.id>
 To: Milis Komunitas MDaemon Indonesia <mdaemon-l@dutaint.com>
 Date: Wed, 10 Oct 2012 12:03:27 +0700
 Subject: [MDaemon-L] Kirim Email sekali, di sent item ada 3x, si penerima
terimanya berkali-kali

On 10/10/2012 11:48 AM, David Setiawan wrote:
 > user kami pakai worldclient kirim email cuma sekali kenapa di sent
itemnya
 > bisa muncul 3x email yang sama ya (seolah-olah 3x kirim emailnya)?
sedangkan
 > si penerima email terimanya berkali-kali (lebih dari 1 email) email yang
 > sama.

 Yakin mail yang dikirim sama?
 Coba periksa smtp-in log untuk transaksi mail tersebut.

 Kalau melihat dari message size dan message-ID nya itu 3 mail yang
 berbeda, hanya kebetulan saja subjectnya sama.

david> dugaan saya mungkin saat klik "send now" pas koneksi lg lemot
sehingga si user nge-klik lagi tombol "send now" berulang-ulang untuk
mastiin tadi udah kliktombol "send now"ato tdk sehingga terciptalah message
id yg berbeda di smtp lognya.
Bisa saja sih terjadi mail duplicate saat pakai webmail kalau saat itu
 koneksi dari client ke webmail lambat, baik karena masalah koneksi
 internet atau MDaemon sedang sibuk atau di scan oleh antivirus diluar
 securityplus.

david> bagaimana caranya untuk mastiin secara tehnik kalo email duplicate
itu disebabkan karena koneksi dari client ke webmail lemot?
Email diterima oleh sipenerima bisa beberapa kali (lbh dr 1 email yg sama)
dikarenakan koneksinya lemot mastiin secara tehniknya lihat di log
mana/terdokumentasi di settingan log mana ya?
 MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0.1 SecurityPlus 4.1.5 beta A

 Netiket: <http://www.netmeister.org/news/learn2quote
[http://www.netmeister.org/news/learn2quote]>
 Arsip: <http://mdaemon-l.dutaint.com [http://mdaemon-l.dutaint.com/]>
 Dokumentasi : <http://mdaemon.dutaint.co.id
[http://mdaemon.dutaint.co.id/]>
 Versi terakhir MD 13.0.1, SP 4.1.4, OC 2.3.0, SG 2.0.7, PP 2.0.0