On 11/06/2012 04:55 PM, Danel K wrote:
> Untuk pengecekkan seleksi sender host dan dynamic screening itu dimana ya
> pak? Dan bagaimana setingan yang seharusnya?

Perbaiki setting firewallnya agar saat sender host connect maka "IP yang
dilihat oleh MDaemon" adalah original IP yang dimiliki sender, bukan
selalu = IP firewall Anda (seperti sekarang ini).

Setelah itu bisa ikuti arsip berikut

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg20477.html

(dibaca baik-2x keseluruhan utas/threadnya).

> Apabila saya rubah untuk DNS Service availability nya kembali ke 'test',
> apakah email-email akan kembali nyangkut di local queue lagi pak?

Kemungkinan besar akan seperti itu.
Spamassassin content filtering memakan banyak resources (high cost),
yang murah dan effektif adalah melakukan filter dan rejection di level
smtp macam seleksi sender host.
Baca latar belakang diaktifkannya seleksi sender host ini

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg17692.html

Dynamic screening mencegah "broadcast traffic" saat MDaemon baru start
atau terjadi outage problem (koneksi internet terputus dalam jangka
waktu lama) sekaligus mencegah broadcast traffic dari MDaemon ke
internet akibat ada local user yang tidak waspada sehingga
username/passwordnya diketahui spammer dan digunakan untuk kirim banyak
spam mail.

http://mdaemon.dutaint.co.id/13.0/index.html?security__dynamic_screening.htm

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0.3 Beta B SecurityPlus 4.1.5