On 11/26/2012 09:43 AM, Trino Suprayitno wrote:

---
Jangan kirim mail ke private address saya kalau untuk urusan MDaemon,
saya jarang periksa Inbox, paling cepat baru dimalam hari (kalau sempat)
periksa inbox karena inbox folder memang sengaja tidak di sync dan saya
gunakan sebagai spam trap folder (jadi 1 minggu sekali sudah mencukupi
dicheck).
Kirimkan saja ke milis ini, karena mail dari milis ini terfilter ke
folder khusus yang mengaktifkan "notification".
---

> Pada hari jumat 23 November, ada email address user kami yang
> tiba-tiba di retain copy nya di kopikan ke everyone,

User itu pakai POP3?
Maksudnya "kopi ke everyone" bagaimana persisnya?
Apakah mailing list everyone di aktifkan public folder dan message
dicopykan ke public folder tersebut?

> Pertayaan saya, bisakah ada perubahan tiba2, tanpa ada seseorang
> yang merubah?

Tidak.
Anggap (default) install MDaemon tidak membolehkan user biasa (ordinary
user) melakukan copy message ke public folder.
Yang mungkin bisa terjadi adalah ybs (pemilik account) melakukan
pengiriman mail ke milis everyone, dalam hal ini mail header message
yang diterima anggota milis atau smtp-in log akan memperlihatkan hal
tersebut.

> Sekerdar informasi sekitar bulan mey lalu sempat juga tiba2 Manging
> directot saya kirim email ke chef kami, namun terforward ke everyone
> padahal, beliau tidak memforward dan saya lihat di sent itemnya benar
> beliau hanya kirim ke chef saja, dan di retain copy chef hanya di
> forward ke BB beliau dan di MD saya pun setupannya sudah benar.

Kalau user pakai outlook atau BB maka tampilan TO <address> sering
mengecoh, karena di outlook/BB anggapan (default) nya mengaktifkan
"address completion" dan kalau di daftar contact ada alamat yang salah
maka isian di kolom To <address> menjadi salah terus.

Dengan demikian tindakan yang benar adalah periksa ke smtp-in log, bukan
periksa ke sent folder sender ybs. Dan periksa daftar contact secara
periodik jika di outlook diaktifkan menu "automatic name checking"

http://support.microsoft.com/kb/287623

http://www.msoutlook.info/question/53

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0.3 SecurityPlus 4.1.5