On 12/10/2012 07:30 AM, Yusi Riando wrote:
> Sementara ini setting Mdaemon server saya untuk incoming dan outgoing
> email pakai ip local yakni 192.168.2.101 dan incoming pakai domain
> pop via hosting. Untuk ip public belum saya aktifkan.
>
> Masalah saya kalau internal account kirim ke sesama internal, maka
> email tsb tidak bisa di terima oleh teman-teman yang sdg di luar
> kantor yang pakai BB atau notebook.
>
> Bagaimana cara agar tetap bisa diterima di luar pak kalau kirim ke
> sesama internal?Karena jenis email ini banyak juga dan di satu sisi
> person yang mobile dan sedang berada di luar juga banyak. Saat ini
> [...]

Harus konsistent, untuk akun yang akses mail langsung dari mail hosting
maka dimanapun dia berada, menggunakan email client apapun harus akses
mail dari mail hosting.

Kalau sudah konsisten seperti itu maka akun ybs yang terdaftar di
MDaemon di set autoforward ke dirinya sendiri dan di set advance forward
to host: smarthost.net.id atau mailhosting-server.

http://mdaemon.dutaint.co.id/13.0/index.html?ae_forwarding.htm

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0.3 SecurityPlus 4.1.5