On 01/07/2013 05:26 PM, Ahmad Ardiansyah wrote:
> Dan saya sudah tanyakan ke administrator ubnet, jawaban mereka seperti ini
> "Sejauh ini tidak ada batasan filtering yg ada di router, dan yang
> saya lihat ketika di nmap, port2 yang berhubungan dengan email : smtp
> (25), pop3 (110), imap (143) statusnya open, dan untuk kebutuhan kirim
> terima email menurut saya cukup dengan menggunakan port tsb yang
> dibuka, dan tidak perlu membypass semua TCP Port."

Memang tcp port yang diperlukan open, akan tetapi kalau di filter akan
membuat kapasitas bandwidth mengecil.
Tcp filtering dari firewall yang paling efisien akan memakan bandwidth
sedikitnya 20%, padahal tidak semua sender punya kapasitas bandwidth
yang sama besarnya dengan kanal internet Anda (ingat data transfer itu 2
belah pihak, dan jika ada perbedaan kapasitas/kecepatan kanal maka yang
berlaku adalah kecepatan terendah).

Untuk multi tasking application diperlukan ephemeral port yang open

http://en.wikipedia.org/wiki/Ephemeral_port

--
An ephemeral port is a short-lived transport protocol port for Internet
Protocol (IP) communications allocated automatically from a predefined

Jika ephemeral port tidak di open, maka akan sering terjadi Port Exhaustion

http://blogs.technet.com/b/askds/archive/2008/10/29/port-exhaustion-and-you-or-why-the-netstat-tool-is-your-friend.aspx

http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa560610%28v=bts.20%29.aspx

http://support.microsoft.com/kb/196271

itu salah satu sebab di Win7/W2k8/W12K ephemeral port sengaja dibuka
lebih banyak oleh Microsoft di default install (di WinXP/W2K3 ephemeral
port yang open 1024 - 5000 sementara di Win7/W2K8/W12K 1024 - 65500).

Dari symptomp yang ada, port exhaustion lah yang terjadi ditempat Anda.

Kalau Anda ragu untuk membuka ephemeral port karena masalah security,
pasangkan saja SecurityGateway didepan MDaemon

http://www.altn.com/Products/SecurityGateway-Email-Firewall/

di security gateway tidak ada user mailbox, sehingga akan lebih aman
diletakkan di jalur yang bypass firewall.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0.4 Beta A SecurityPlus 4.1.5