Riswandi <bha...@gmail.com> wrote:

>ada user kami yang kirim email ke client, di status Sent mail client
>nya ada tetapi client nya tidak menerima email tsb, setelah saya cek
>ternyata email tsb gagal terkirim dengan isi log "Name server has no
>valid records of the requested type for that domain".

Perlihatkan transcript log DSN message tersebut.

>atau ada juga beberapa kasus yang tidak sampai email nya dan tidak di
>temukan juga log nya.

Masak sih? Sudah dicari di smtp-in log.
Kalau kirim mailnya melalui mdaemon pasti tercatat di smtp-in log dan kalau
recipientnya non local akan tercatat juga di amtp-out log.

>Pertanyaan saya :
>
>1. apakah setiap email yang gagal terkirim dapat di seting agar si
>pengirim dapat alert kalo email nya gagal terkirim.

Ya.
Default install MDaemon seperti itu, sesuai dengan regulasi internet mail.

>2. Di mdaemon itu berapa kali mail server mengulang jika gagal mengirim

Saat berada di remote queue retry to send setiap menit. Default install mail
berada dj remote queue selama 60 menit.
Jika message sudah pindah ke retry queue maka retry to send setiap 240 menit.

>3. apa yang di maksud dengan retry queue dan Bad queue , apakah yang
>masuk ke dalam queue tsb akan gagal terkirim

Retry queue = secondary outbound queue.
Remote queue = primary outbound queue.
Bad queue = tempat  menyimpan duplikat (copy) message yang bermasalah dengan
delivery atau masalah teknis lain (undefined error).

Sent from my Android phone with K-9 Mail. Please excuse any typo and my brevity.