-----Original Message-----
From: mdaemon-l@dutaint.com [mailto:mdaemon-l@dutaint.com] On Behalf Of
Syafril Hermansyah
Sent: Tuesday, March 19, 2013 6:16 PM
To: Milis Komunitas MDaemon Indonesia
Subject: [mdaemon-l] email tidak sampai ke penerima

> Lho kok menggunakan direct delivery?
> Bukankah prasyaratnya belum terpenuhi?
Sesuai saran Bapak, bahwa saya sudah pindahkan MX10

> $ host mail.rexplast.co.id
> mail.rexplast.co.id has address 203.161.30.204

> $ host 203.161.30.204
> 204.30.161.203.in-addr.arpa domain name pointer
ip30-204.sby.uninet.net.id.

> tuhkan belum match PTR (pointer) recordnya.
Provider sudah buatin PTR recordnya pagi ini pak ke mail.rexplast.co.id

> coba hubungi ISP Anda untuk perbaikkan setting PTR record dan MX record.
Pagi ini provider sudah buatin PTX recordnya pak
Saya cek di www.MXtoolbox kalau --> mail.rexplast.co.id A 203.161.30.204

> Sudah baik melakukan fallback relay, akan tetapi
> [7615:4] Attempting SMTP connection to [mail.rexplast.co.id:25]

> Kenapa smarthostnya diganti jadi diri sendiri?
> Mestinya tetap pakai smarthost = smtp.sby.uninet.net.id seperti yang
> lama agar mail terkirim ke internet bukan (sengaja) melakukan mail loop.
Setting di MDaemon saya pilih Delivery Optionnya dengan pilihan ke-3 pak
dengan nama server mail.rexplast.co.id
Apakah mail.rexplast.co.id tetep menggunakan smtp.sby.uninet.net.id ya pak?
Atau gimana?
Memang awalnya saya isi smtp.uninet.net.id

Mohon petunjuknya.

Salam,
sriagus