On 03/21/2013 09:48 AM, donny kurniawan wrote:
> Untuk masalah ijin penggunaan server Inet, sampai saat ini saya belum dapat
> respond dari pihak mereka. Ada alternatif lain pak untuk smtp relaynya ?

Kalau Anda ganti koneksi ke ISP lain, maka bisa relay melalui smtp
server ISP tersebut.
Umumnya ISP memberikan fasilitas itu ke pelanggannya, hanya saja ada
yang otomatis boleh tanpa perlu authenticate (dulu, jaman masih normal,
mereka menerapkan semacam trusted IP di MDaemon) ada juga yang
mewajibkan user yang ingin relay mengaktifkan smtpauthentication
(kondisi yang umum berlaku sekarang).

Pilihan lain, sewa relayhost ke mail hoster sehingga gonta-gonti
koneksipun tetap bisa relay.
Yang penting relayhost itu harus terletak di Indonesia (koneksi IIX)
agar pengiriman dari server Anda kesana berlangsung cepat, dan mudah
diajak kerjasama (Anda perlu sesekali bantuan dia untuk check log mail
servernya jika perlu).

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.5 Beta B SecurityPlus 4.1.5