On 2013-08-13 14:17, Hery Purwanto wrote:
> Beberapa user di tempat kami sering terpending saat kirim email dan masuk di
> retry queue, setelah dicek ternyata message size (436809) exceeds spam
> filter configured max size of (102400). Yang ingin saya tanyakan bagaimana
> caranya mensetting untuk lebih besar lagi supaya email tidak terpending.

exceeds spam filter configure tidak berhubungan dengan pending mail,
hanya berkaitan dengan besarnya mail yang yang di scan oleh spam filterin.

> Selain itu apakah max size kirim email hanya 102400 atau 1 Mb secara
> defaultnya?

Mestinya 1 MB sudah mencukupi agar tidak membebani system.
Spammer jarang kirim mail dengan size besar karena mereka kirim mail ke
banyak tujuan.

> Berikut saya sertakan salah satu contoh email dari user yang terpending :

Yang ini penyebabnya salah parsing, entah kenapa mail yang harusnya
diletakkan di remote queue nyasar ke local queue.
Pindahkan saja mail ini dari bad queue ke remote queue melalui queue and
stat manager.

>       (not processed: message size (436809) exceeds spam filter configured
> max size of (102400))

Mestinya mail dari authenticate sender (valid local user) bypass spam
filtering, coba periksa setting spam filter options

http://mdaemon.dutaint.co.id/13.5/index.html?sf_options.htm

mestinya menu berikut aktif

Don't filter mail from...
[x] trusted or authenticated sources

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.5.2 SecurityPlus 4.1.5