Hery Setiawan <h...@ho.otsuka.co.id> wrote:

>Pak, sebelumnya saya kirimkan log undelivery mail'nya yg saya peroleh
>dari
>pengirim :

Kalau berdasar DSN maka yang bermasalah adalah server viruswall.ho.otsuka.co.id.
Akan tetapi mungkin saja problem persisnya bukan seperti yang disampaikan di
DSN sehingga perlu periksa silang ke log server viruswall.ho.otsuka.co.id.

Kalau tidak ada lognya di viruswall.ho.otsuka.co.id dan atau di smtp-in log
MDaemon, sebaiknya di buang saja viruswall itu :-) karena tanpa log (atau log
susah dibaca) bikin pusing kepala saat terjadi masalah delivery. Tidak semua
mail server yang kirim mail ke domain Anda generate DSN dengan benar (no rfc
compliance).

Sent from my Android phone with K-9 Mail. Please excuse any typo and my brevity.