On 2014-03-19 14:01, wildan wrote:
> 1. Jika ada user yang mengirim email dengan memasukkan email address
> di field bcc, tracing di log di log yang mana ya, Pak?

Di smtp-in log dan kalau perlu di routing log.

> saya periksa di routing log, email address yang di-bcc kelihatan,
> apakah benar lognya disini?

Ya.

> Kemudian di routing log ada baris inbound log dan local message
> bedanya apa, ya, Pak.

Inbound itu mail yang akan masuk di sanitize process (anti virus
scanning, antispam scanning dls).

> si user mengirimkan email ke milis yang di bcc, nama milisnya beo,
> munculnya inbound:

> member milis beo: Tue 2014-03-18 16:19:15: ---------- Tue 2014-03-18
> 16:19:15: LOCAL message: pd80011988347.msg Tue 2014-03-18 16:19:15: *
> From: e...@ayanaresort.com Tue 2014-03-18 16:19:15: *  To:
> t...@ayanaresort.com Tue 2014-03-18 16:19:15: *  Subject: [beo]
> VISIT

Subject tag [beo] tidak selalu mengindikasikan mail dari milis
b...@ayanaresort.com, bisa saja dikirim dari hasil reply mail yang
(pernah) berasal dari milis b...@ayanaresort.com.
Kalau di routing log (dan smtp-in/out log) perlu di lihat return-path
<address>, dalam hal milis artinya dari List's SMTP 'Bounce' address

http://mdaemon.dutaint.co.id/13.6.1/ml_notifications.htm

kalau tidak ada return-path <address> indikasi setting milisnya tidak
lengkap, setidaknya List's SMTP 'Bounce' address belum diisi (blank).

> 2. masih sambungan dari pertanyaan 1, jika ada user yang tidak
> menerima email padahal dia adalah member milis beo, tracingnya di log
> mana ya, Pak?

Di smtp-in log dan routing log, dalam hal ini mail tersebut berasal
smtp-bounce-address milis.
Untuk kemudahan pemeriksaan maka sebaiknya alamat SMTP bounce address
dibuat unique dan ada nama milis disitu, misalkan saja pakai alamat
bounce-beo-ayanaresort-...@ayanaresort.com.

Alamat itu tidak harus real account, bisa saja merupakan address aliases

bounce-beo-ayanaresort-...@ayanaresort.com =
list-bounce-watc...@ayanaresort.com

atau alias dari alias yang sudah ada

bounce-beo-ayanaresort-...@ayanaresort.com = postmas...@ayanaresort.com

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.0 Beta RC2 SecurityPlus 4.1.5