On 2014-04-28 09:40, Benny Kurniawan Candra wrote:
> Sekarang sepertinya Mail server kami normal pak. kira-kira dalam
> minggu kemarin masalahnya apa ya pak? Apakah DNS saya yang lagi error
> di Host Master atau FW atau belum input IP MX backup di DKIM?

Tidak ada urusannya dengan hostmaster (hostmaster itu pengelola DNS,
mirip dengan postmaster untuk mail dan webmaster untuk web), juga tidak
ada hubungannya dengan DKIM

Masalah 2 minggu kemarin itu mencakup:
- Firewall yang terlalu "strict" dan ikut menangani mail size
restriction (harusnya menjadi tugas MDaemon).
- MDaemon tidak menerapkan SMTP size limit.
- restriction yang diterapkan di MDaemon tidak membuatkan pengecualian
(whitelist) terhadap MX backup (SPF, Dynamic Screening, RSET counter
check, BackScatter Check).
- DNS resolver merujuk ke DNS server yang lambat (dns di australia).
- Setting authoritative DNS domain tidak lengkap

$ host -t ns jkt.itochu.co.id
jkt.itochu.co.id has no NS record

$ host -t soa jkt.itochu.co.id
jkt.itochu.co.id has no SOA record

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.0.1 Beta B SecurityPlus 4.1.5