On 2014-09-10 18:05, alien wrote:
> Sebenarnya saya pakaikan MX dengan 2 ISP itu bukan karena loyo, tapi
> supaya ketika salah satu ISP down, masih ada ISP lainnya sebagai backup
> (round robin) dan supaya seluruh user saya tidak perlu melakukan
> perubahan utk incoming atau outgoing, jadi tetap bisa pakai
> mail.indokemika.co.id <http://mail.indokemika.co.id> seperti MX utama.
>  Dan untuk backup skenarionya masih seputar koneksi saja, belum sampai
> punya server fisik yang ke-2 sebagai backup.
>
> yang terpikirkan saat ini adalah seperti itu, apakah bisa minta
> pencerahaan apabila ada skenario lebih baik lagi?

Bukankah sudah pernah didiskusikan?

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l%40dutaint.com/msg33173.html

Server kami tidak punya MX backup secara fisik, tetapi kami punya ribuan
virtual MX backup berupa sender host.

Aplikasi internet mail server itu tidak kritis sehingga butuh realtime
backup, yang kritis itu DNS (authoritative DNS).
Kalau domain Anda tidak dikenal karena authoritative DNS domain Anda
tidak bisa dihubungi (any reason), maka sender host akan segera
menggagalkan kiriman mail dan generate DSN ke original sender.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.5.0 Beta RC1 SP 4.5.0 Beta B