> Ya, untuk mudahnya seperti itu.

> Ya, sepanjang semua client itu pakai protocol POP3 atau IMAP yang
> artinya user tidak perlu sync contact dan calendar.
> Kalau perlu sync non-mail DATA (contact, calendar dls) maka perlu pakai
> ActiveSync, setidak di versi MDaemon yang publish saat ini.
>
> Kalau Anda pakai BES maka tidak bisa pakai koneksi line load balance
> atau line fail over karena server SRP blackberry.com menghendaki adanya
> koneksi dari fixed public IP yang konsisten.
> Koneksi BES pada prinsipnya membentuk VPN tunnel dengan SRP servernya
> blackberry.com

Selamat pagi Pak Syafril dan rekan2 milis,

Hanya menginformasikan bahwa saya sudah berhasil memindahkan seluruh
MDaemon dari mesin lama ke mesin baru.  Untuk semua kendala2 yang ada salah
satunya adalah masalah instalasi BES, untuk email saya yang lalu, akhirnya
saya hapus seluruh folder BES dan SQL Server 2008 Express yang otomatis
terinstal serta antivirus/firewall yang ada pada mesin baru di-nonaktifkan
terlebih dahulu.  Setelah itu instalasi berjalan mulus.

Ada 1 hal lagi yang ingin saya tanyakan, mengapa kalau antivirus server
(securityplus) saya aktifkan, semua email tidak bisa masuk ataupun keluar
dan 'nyangkut' semua di Holding Queue?

Terima kasih
Rusdi