Dear Pak Syafril,

Terima kasih atas jawabannya.

.         Untuk point 1, Saya sudah coba dengan menambahkan 2 account dalam
satu login ke MS-Outlook, yang pertama pop3, yang kedua IMAP. Tapi ketika
mau sending, email masuk ke Sent Item Pop3, akhirnya email tidak terkirim.
Padahal saya sudah setting default email menggunakan IMAP. Tapi Jika
menggunakan 2 Login bisa, login pertama yang masuk pop3 (untuk menyimpan
email lama), login yang kedua untuk account IMAP. Pendapat Bapak bagaimana?

.         Untuk Point 2, yang saya maksudkan adalah di local PC bukan di
Server, kalau di server sudah ok, khususnya untuk saya, karena yang lain
ternyata data email tetap di C, meskipun di drive D juga sudah terbentuk
usernya. Cara sudah sesuai dengan petunjuk pak Syafril. Akhirnya saya ganti
drivenya pada userlist.dat pada direktori APP, yang C saya arahkan ke D.
Asumsinya saya harus satu-satu mengarahkankan setiap usernya agar data email
di server disimpan di drive D.

Kembali ke local PC tadi, Data Files defaultnya ke C, Jika pada POP3 saya
bisa tambahkan drive lain sebagai tempat penyimpanan dan saya buat default,
kemudian yang default pertama saya hapus. Nah yang di IMAP direktori
penyimpanan tidak bisa diarahkan ke Drive lain. Sehingga di drive C makin
bengkak akibat adanya data IMAP.

.         Untuk Point 3 dan 4, Alhamdulillah saya sudah paham.

Demikian pak.

Regards,

EVI RUSNADI

Technical Support | PT. Cilegon Fabricators

Jl. Raya Bojonegara - Salira, Argawana - Serang

Banten, Indonesia 42454

T : +62-254-5750068 (108)

M : +62-878 7128 8372

Email :  <mailto:evirusn...@cilegonfab.co.id> evirusn...@cilegonfab.co.id |
<mailto:evirusn...@gmail.com> evirusn...@gmail.com

> Saya sudah coba sesuai petunjuk bapak. tapi ada halhal yang belum
> saya pahami 1. Jika inbox pop3 di drag ke inbox IMAP, artinya akan
> mencopy semua inbox ke Server, sementara email di local PC yang dulu
> menggunakan POP3 sangat besar, sampai ada 18 GB dan email tersebut
> selalu tersimpan di local PC user. Bagaimana kira2 perlakuannya?

Pindahkan yang mail yang perlu saja, yang lama biarkan saja di POP3
(local disk).

> 2. Untuk default directory IMAP ke C dan tidak bisa diarahkan ke D,
> kebiasaan saya data selalu disimpan di D agar tidak mengganggu
> system, pada setiing Pop2, setting bisa diarahkan ke drive lain..
> Bisakah defaultnya diarahkan ke directory D?

Bisa dilakukan sbb:
- ubah Account Template untuk new account

http://mdaemon.dutaint.co.id/14.5/index.html?template-manager_template.htm

Mail folder: C:\mdaemon\users\cilegonfab.co.id

diganti menjadi

Mail folder: D:\mdaemon\users\cilegonfab.co.id

setelah itu stop MDaemon service dan pindah semua isi folder
c:\mdaemon\users\cilegonfab.co.id ke D:\mdaemon\users\cilegonfab.co.id

terakhir jalankan script \\mdaemon\app\DirReorg.exe /F

setelah selesai bisa start kembali MDaemon service.

> 3. Ketika kita schedulekan penghapusan email di sisi server,
> misalnya email-email yang 6 bulan kebelakang dihapus dari server,
> apakah di local PC juga sama akan terhapus atau tidak?

Tidak, hanya IMAP message di MDaemon server yang dihapus.
Kalau pakai IMAP semua mail disimpan di MDaemon server, bukan di local
disk seperti POP3.

> Karena ada beberapa user mencari-cari email yang lain untuk referensi
mereka,
> jika ikut terhapus hal ini akan menjadi masalah.

Jika ingin ada salinannya di local disk (sehingga tidak dihapus oleh
message prune MDaemon) maka aktifkan "message offiline" atau "Mail
Archive" yang disimpan ke local disk.

Offline mail
http://www.msoutlook.info/question/527
http://blogs.office.com/2012/10/18/the-new-imap-in-outlook-2013/

IMAP Archive
http://www.ehow.com/how_7227532_archive-imap-mailbox.html

---
This email is free from viruses and malware because avast! Antivirus protection
is active.