On 2014-11-12 16:01, Anjas Wahyu Nurhayanto wrote:

> ketiga recipient

Pakai POP3 email client?

> Yak, semua sudah tersimpan dengan oke.

Ya benar.
Kalau user pakai POP3 email client, minta ybs periksa ke spam folder
(junk-mail folder) di Webmail dan kalau ada disitu dipindahkan (move) ke
inbox.
Lebih baik sih ditandai dulu sebagai "this is not spam" (ada menunya di
webmail) sebelum dipindah ke inbox agar spamassasin antispam content
filter melakukan penyesuaian (adjustment) spam score.

Mestinya sih informasi mengenai mail dipindah ke spam/junk-mail IMAP
folder akan tercatat di content filter log.

> di spam log tertera log semacam ini :
>

> Wed 2014-11-12 08:08:34: *5.70 points, 5.00 required*

> yang saya bold dan warna merah itu artinya apa ya, Pak?

Itu artinya mail yang masuk dikategorikan "ragu-2x".
Lebih rinci lihat disini

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l%40dutaint.com/msg34013.html

> selanjutnya, apa yang harus saya lakukan untuk email semacam itu?

Minta masing-2x recipient memasukkan sender <address> kedalam Whitelist
Contact di webmail.

- login ke webmail.
- pilih mail dari sender tertentu yang ada di spam (junk-mail) folder.
- arahkan kursor ke sender/From address sampai muncul menu "add to
whitelist"

http://www.altn.com/Support/KnowledgeBase/KnowledgeBaseResults/?Number=KBA-02571

atau pilihan lain, secara global masukkan sender domain kedalam spam
filter no filtering atau spam filter whitelist by sender.

http://mdaemon.dutaint.co.id/14.5/index.html?sf_white_list.htm

masukkan
>From *@aksball.co.jp

http://mdaemon.dutaint.co.id/14.5/index.html?sf_white_list_from.htm

masukkan
*@aksball.co.jp

klik tombol "apply", lalu "ok".

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.5.1-64, SP 4.5-64

There are three kinds of men. The ones that learn by readin’. The few
who learn by observation.
The rest of them have to pee on the electric fence for themselves.
        --- Will Rogers