Milis cuma dibuat di salah satu server saja yang di terdaftar sebagai MX
host?

Iya pak syafril, milist t...@lionair.co.id ini saya buat di server baru dan tidak ada di server lama (domain sharing)
dan kemungkinan server lama lah yg terdaftar sebagai MX host.

maaf prinsipnya saya kurang begitu mengerti MX host, perlu saya jelaskan konfigurasi yg saat ini berjalan adalah : server lama ---> mail.lionair.co.id (117.102.95.140) yang saya buat domain sharing dgn server baru ---->mail2.lionair.co.id (117.102.95.152) untuk domain sharingnya saya menggunakan ip dalam utk komunikasi mingernya. untuk smtp host name nya keduanya saya isikan : mail.lionair.co.id

Kira-kira apakah sudah benar konfigurasinya?

Coba periksa nama filenya, apakah tidak ada huruf spasi diantaranya,
misalkan tertulis test @lionair.co.id baik di nama milis (list name)
maupun di reply-to address.

http://mdaemon.dutaint.co.id/14.5/index.html?ml_options.htm

listname: test
list domain: lionair.co.id

http://mdaemon.dutaint.co.id/14.5/index.html?ml_headers.htm

Replace 'TO:' header 'Display Name' with

[x] This email address: t...@lionair.co.id

atau

[x] List's email address

unttuk ketentuan diatas saya sudah periksa dan saya buat ulang untuk memastikan sudah benar dan sudah sesuai. Dan saya sudah coba kembali dengan memasukkan email gmail saya sebagai member tetapi tetap tertolak dengan error yg sama. sepertinya memang email diluar mailserver baru tersebut tidak bisa posting ke dalam mailist yg dibuat didalam mail server tsb..

Kalau memang semua kelihatannya normal (non private list), kirim file
\\mdaemon\app\t...@lionair.co.id.grp kesini

terlampir saya kirimkan grp nya. untuk semua mailist yg ada di server lama berjalan baik walaupun membernya sudah di server mail yg baru.

Terimakasih

Rgds
Andriansyah