On 2014-12-19 10:22, Budi Supriatna wrote:
> Untuk saat ini saya tidak bisa terima email dari luar domain, dalam hal
> ini ada 2 domain yang tidak bisa mengirim
> email ke domain internal (@kemenkeu.go.id & @@lasallecollege.ac.id).

Apa errornya saat mereka kirim mail ke domain ocbcnisp.com?
Atau bisa dicarikan transaksi mail dari sender domain tersebut di
smtp-in log?

> Namun dari internal saya bisa mengirim email ke domain tersebut.
> bahkan IP mail server mereka sudah saya tambahkan di reverse lookup.

Dapat dari mana outgoing IP server mereka?

> Hasil pengecekan di DNS Public:

Informasi di DNS hanya untuk incoming mail, bukan outgoing mail.
Banyak organisasi yang menggunakan server (IP) yang berbeda untuk kirim
dan terima mail, juga banyak user yang tidak mengindahkan ketentuan
pengelola mail domain (postmaster) agar kirim lewat server milik sendiri.

Jadi jangan mengandalkan ke informasi DNS untuk masalah incoming mail,
tetapi lihat ke smtp-in log server sendiri atau DSN (delivery status
notification) of failure message yang diterima oleh original sender.
DSN message ini wajib dikirimkan oleh final sender host (sender host
yang kirim mail ke MX domain receiver) kalau server itu mengikuti
regulasi internet mail (RFC compliance).

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.5.3-64 Beta B, SP 4.5-64

Semua hal atau semua kesulitan dan semua pemborosan sebetulnya bisa kita
atasi, kalau mau. Jadi permasalahannya adalah bukan bisa atau tidak
bisa, tapi mau atau tidak mau.
        --- Dahlan Iskan