Dear Pak Syafril,
Saya mempunyai 2 MD dengan ip public yg berbeda,
MD 1 dgn ip 116.254.103.9
MD 2 dgn ip 116.254.103.34
Kedua MD ini mempunyai domain yg sama yaitu hotel-manhattan.com. MD 1 ini
saya buat karena load pengiriman email sangat tinggi shg saya takut
mengganggu activitas di MD2.

Pertanyaan nya user di MD 1 ini tidak dapat mengirim ke user di MD 2, saya
sudah lakukan

Daftar akun MD2 itu di MD1 tetapi tidak usah diaktifkan
multipop melainkan diaktifkan autoforwarding ke diri sendiri dengan
advance setting send to smarthost atau mail hoster.

[x] Enable mail forwarding

Forwarding addresses: diri-send...@hotel-manhattan.com

Forward the message to this domain: indoproweb.com

Namun user di MD2 msh tidak dapat terima email dr user MD1, kesalahan ada di
mana ya pak?

Terima kasih

Handoyo