> Kalau semua internal/LAN user connect ke MDaemon melalui NIC LAN
> (highspeed) mestinya ok, tetapi kalau lewat proxy/firewall (karena
> MDaemon diletakkan di DMZ) akan bermasalah saat jam sibuk (pagi dan sore
> hari).

Ya Pak, untuk internal memang pakai LAN langsung

> Test dengan benchmark untuk cari tahu DNS terbaik untuk MDaemon Anda.
>
> http://www.mail-archive.com/mdaemon-l%40dutaint.com/msg22546.html

Terkadang sewaktu di benchmark hasilnya ok, ketika sedang berjalan ada saja
suatu ketika DNS terbaik tersebut tidak bisa resolve atau error DNS : 60
second wait for DNS response exceeded, artinya saya harus jadwalkan rutin
untuk benchmark ini ya Pak?

Boleh tahu Pak, untuk server email dari dutaint.com ini pakai DNS mana ya?

> Ya.
> Umumnya jadi masalah kalau koneksi untuk mail bercampur dengan koneksi
> proxy/browsing oleh LAN user.
> Saat user banyak pakai aplikasi chat/SocMed akan berpengaruh terhadap
> DNS resolver.

Internet untuk email saya pisahkan secara khusus dan dibedakan dengan
internet yang dipakai user untuk sehari2.

Terima kasih
Rusdi