On 2015-03-24 13:29, Iyak Aja wrote:
> Saya baru pasang account email yang selama ini hanya di gunakan untuk
> local saja.
> Saya sudah coba setting, dan untuk terima email dari luar (mis: dari
> gmail) sudah bisa. Tetapi kalau kirim email tidak bisa pak syafril.

Semua koneksi residential atau dynamic IP (ADSL, Cable Modem, Mobile
Network) memang tidak diperkenankan kirim mail langsung ke Internet,
wajib relay melalui smtp server ISP atau mail hoster masing-2x.

Hal itu mengacu ke rekomendasi Internet Messaging Working Group.

ftp://ftp.dutaint.com/altn-mdaemon/miscl/MAAWG_Port25rec0511.pdf

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 15.0-64bit, SP 4.5-64bit

Rasa hormat tdk selalu membawa kpd persahabatan, tp persahabatan tdk
mungkin ada tanpa rasa hormat. Ini mrpkan salah satu hal yg membikin
persahabatan lbh dpd rasa cinta
        -- Mille de Scudery, 1607-1701