> Kenapa tidak pakai SimpleDNS saja seperti yang kami pakai di rack server?
>
> http://www.simpledns.com/
>
> kalau untuk DNS resolver cukup dibuatkan forward DNS zone
> mail.domain.co.id dan reverse DNS zone untuk IP yang digunakan MDaemon
> (boleh public atau private).
> Mau dipakai untuk LAN juga masalah karena SDNS mendukung DHCP dan host
> file, add on nya banyak
>
> http://www.simpledns.com/addons.aspx

Dear Pak Syafril,

Saya akhirnya memang sempat berpikir apakah sampai harus membuat private
DNS sendiri seperti yang dilakukan Pak Syafril, hanya saja ilmunya belum
sampai Pak hehehehehehe....

Untuk DNS server saya sudah ada karena kebetulan kita ada Domain Controller
yang mengharuskan ada DNS server.  Apakah ada tutorialnya Pak untuk
membangun private DNS server ini untuk mengakomodir email server saya?

Saya coba baca2 dulu Pak untuk link yang diberikan ini.

Terima kasih
Rusdi