On 25/06/15 15:33, Benny Kurniawan Candra wrote:
> Pak sebelumnya tidak ada masalah untuk hal ini, baru bulan ini ada masalah.

Itu karena Anda mengaktifkan IPshield di MDaemon.
IPshield itu mirip dengan SPF, tetapi tidak di declare di DNS.

> Apakah ada langkah lain selain saran diatas? seperti add Trusted host di
> security setting untuk IP tersebut.

Non aktifkan IPshield di MDaemon dan tidak usah protes kalau terima
banyak phising mail (spam mail dari diri sendiri).
Bisa sih dicoba masukkan IPshield untuk domain jkt.itochu.co.id untuk
daftar IP yang digunakan oleh ERP server untuk kirim mail ke internet.

Pilihan lain jangan pakai hoster itu, ada banyak ERP hoster yang lebih
mengerti cara kerja mail dan mau tahu kesulitan pengelola mail domain
lain (tidak hanya berpikir untuk mudahnya diri sendiri).

Jaman dulu portal berita juga pakai cara kuno itu untuk web form mereka
(visitor bisa kirim link ke alamat mana saja via webform yang disediakan
portal web).
Cara itu berubah dengan munculnya protocol anti spoofing (DK/DKIM)
persis seperti cara yang saya sebutkan tadi.
Sender dan return-path header bisa berubah secara dynamic, mengikuti
alamat sender/visitor; teknik ini disebut VERP.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 15.0.3-64, SP 4.5.1-64

Yg paling berani diantara kitapun jarang mempunyai keberanian utk
melakukan sesuatu yg sebenarnya diketahuinya
        -- Fredrich Nietzsche, 18844-1900