On 09/10/15 10:24, Shakir Salim wrote:
> Server anda tidak memakai spamassassin,

"Hampir tidak.." berbeda dengan "..tidak memakai".
Spamassassin tetap dipakai hanya saja bukan antispam utama hanya pelengkap.

> apakah anda memakai security
> gateway yang anda letakkan didepan mail server?

Tidak ada, hanya pakai MDaemon saja.
Tidak ada antivirus for file atau firewall apapun yang aktif, dan
sengaja minta ke ISP (Telkom) agar tidak melakukan filter/firewall
apapun (karena kalau dibutuhkan saya bisa melakukan sendiri).

MDaemon-L Moderators, MDaemon 15.5.1-64, SP 4.5.1-64

Anda jangan memuji org krn nampaknya besar, atau memandang rendah org
krn kelihatannya kecil. Krn lebah tms kecil dikalangan binatang
bersayap, namun dialah yg menghasilkan madu termanis
        -- Jezus Sirach, 11.