On 24/06/16 12:31, Sucipto ( BSSJ - IT ) wrote:
> saya hari ini mendapat laporan bahwa ada email yang masuk dengan
> meniru account ymail salah satu kenalan kami. pengirim adalah
> gandapigunay...@jiguai.com sedangkan account yang kami kenal adalah
> dari yahoo mail.

Tahunya sender itu memalsu bagaimana?
Apakah isi mailnya mirip dengan korespondensi terakhir dengan
gandapigunay...@ymail.com?

> adakah cara menghindari hal seperti ini?

Tidak, kecuali kewaspadaan dengan melihat sender <address> bukan sender
Real Name.
Dengan perkataan lain, jangan pakai email client yang hanya menampilkan
sender Real Name tetapi yang bisa lengkap menampilkan Real Name dan
Email address.

Di block saja sender palsu itu melalui sender blacklist.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/16.0.3/index.html?security--sender-blacklist.htm

> dan mengapa bisa ada kejadian seperti ini? mohon pencerahannya.

Anda sedang dalam incaran "Clone Phishing attacks" atau "Whaling
Phishing attacks".

https://en.wikipedia.org/wiki/Phishing#List_of_phishing_types

Clone atau whaling phising umumnya dimulai dengan account hijacking,
akan tetapi bukan untuk digunakan kirim spam mail melainkan untuk
"mengintip" transaksi bisnis yang ada.
Account hijacking mungkin terjadi di salah satu sisi, bisa di akun
domain bintangsaudara.co atau di ymail.com.

Jadi yang bisa dilakukan adalah perketat penggunaan username/password di
domain Anda.
Misalkan penggunaan username dengan email address lengkap akan lebih
baik dibanding tanpa username = mailbox name saja.
Password length 8/10 digit akan lebih baik dibanding 4 atau 6 digit.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.0.3-64, SP 5.0.1-64 Beta A

Ambisi adalah seperti air laut, semakin banyak orang meminumnya, semakin
haus
        -- Robert von Hartman, 1842-1906