On 07/09/16 14:22, Rifki maulana wrote:
> User kami tidak bisa mengirim email ke alamat div....@ptpn10.co.id
> <mailto:div....@ptpn10.co.id>, berikut keterangan errornya dan terlampir
> log dari smtp out.

> From: Mail Delivery System [mailto:mailer-dae...@pmx1.gastra.net]

>     host name specified in HELO does not match IP address. (in reply to end
>
> of DATA command)

Yang direject itu koneksi dari smarthost pmx1.gastra.net.

Dugaan saya sih server penerima (receiver smtp.ptpn10.co.id) ada masalah
dengan DNS resolver untuk check PTR record atau masalah di firewallnya.
Karena setting pmx1.gastra.net kelihatannya baik dan benar.
Dari message header posting Anda terlihat hal itu.

        by dip37.dutaint.com ([103.253.112.243])
        (MDaemon PRO v16.5.0rc1)
        with ESMTP id 61-md50000000016.msg for <syaf...@dutaint.co.id>;
        Wed, 07 Sep 2016 14:24:20 +0700

kalau salah setting maka posting akan ditolak oleh list server ini tadi.

Dari smtp-out log yang disampaikan itu bukan untuk pengiriman mail ke
Log itu menginformasikan bahwa Anda mengubah kembali setting smtp
outbound port ke tcp 26 (diubah dari standard 25) sehingga tidak bisa
connect ke internet mail manapun kecuali ke smarthost, karena semua
internet mail didunia pakai port 25 untuk koneksi (kirim/terima mail)
ke/dari smtp server lain.

> Wed 2016-09-07 11:54:26.758: [814997] Attempting SMTP connection to
> 74.125.68.27:26

Bukankah bulan Mei 2016 sudah pernah dikembalikan ke standard, sekarang
kenapa diubah lagi?

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg39262.html

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.5-64 Beta RC1, SP 5.0.1-64

Para murid dan pengikut kita akan mengajar kpd kita seribu kali lbh
banyak dpd guru-2x kita jika seandainya kita bisa hidup cukup lama utk
menyaksikan karya-2x mereka
        -- Paul Valery, 1871-1945