On 19/09/16 18:09, Andy Sujoto wrote:
> Saya kutip beberapa line dari Log file sebagaimana dibawah ini. Kenapa
> kadang-kadang spamhaus pass dan kadang failed (untuk IP sama) dan kadang
> kebalikannya dengan spamcop, kadang malah keduanya failed.

Beda prosedur pemasukkan antar keduanya, juga beda cara request removalnya.

Spamhaus pakai ROKSO (The Register of Known Spam Operations)

https://www.spamhaus.org/faq/section/ROKSO%20FAQ

spamcop pakai SCBL (SpamCop Blocking List)

https://www.spamcop.net/fom-serve/cache/297.html

keduanya pakai volunteer, tetapi beda kriteria.
Rokso's member adalah ISP, sementara  SCBL's member bisa privater.

Spamhaus list permanent, sementara Spamcop hanya temporary (2x24 jam).

> Setting apa yang terbaik di DBS-BL?

- yang pertama, hanya check connecting IP saja, tidak melakukan deep
header check (seluruh IP flow dicheck).

- yang kedua, kalau pakai multi DNS-BL maka setelah mendapat response
positive dari salah satu DNS-BL lalu stop, tidak perlu check ke DNS-BL
host berikutnya untuk menghemat resources.

- yang ketiga, tidak melakukan deception (pengelabuhan) agar sender
tidak salah action.

- yang keempat gunakan DNS-BL yang paling tinggi akurasinya, terendah
kesalahannya dan punya fasilitas removal yang tidak aneh-2x.

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg23162.html

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg20483.html

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.5-64, SP 5.0.1-64

Learning is not child's play; we cannot learn without pain
        --- Aristotle