> Oh kalau begitu benar yang memblock adalah mail hoster.
> Dari kantor saya tidak masalah sih.

> $ telnet mail.sinalum.com 25
> Trying 202.169.44.147...
> Connected to sinalum.com.

Iya saya juga bingung pak dari mail hoster atau firewall atau ISP.
Karena saya coba pake ping.eu port 25 itu open..

> Hmm aneh.
> Coba port 587 nya di set di account mail forwarding
> http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg40993.html

Ini juga sudah saya coba pak.
Tetap sama hasilnya masih suka lari ke 25.. padahal saya sudah restart
mdaemon jg.

Saat ini saya coba email ke mail hoster dan ISP jg pak.
Cm blm ada tanggapannya..

Mungkin ada informasi lebih lanjut pak. terima kasih.