> Iya ternyata program archivernya hanya menyimpan 1 message saja, dan
> program archiver itu hardcode tidak bisa diubah.
> Hanya kalau pilihan mail archivenya
>
> [x] Archive inbound mail
> [x] Archive outbound mail
>
> akan disimpan mail distribusi dari mailing list ke masing-2x user.

noted Pak

Kalau archive ke mailstore gunakan utility yang ada di MailStore,
> [...]
> MDaemon#Archiving_Individual_Mailboxes
>

> Kalau pilihannya menggunakan "Archiving Incoming and Outgoing Emails
> Directly" (multidrop) maka gunakan mail process content filtering (CF
> rule) seperti yang Anda sampaikan di awal thread ini.
>
> Asalkan menu "apply content & spam filters to list mail before cracking
> individual copies" dan disable " Remove duplicate list recipients when
> single message submitted to multiple lists" sudah non aktif mestinya
> akan tersalin semua distribusi mail dari milis ke masing-2x user (sudah
> saya test barusan di MD 17.0, berjalan baik).

Iya Pak saya juga sudah ikuti prosedur untuk "Archiving Incoming and
Outgoing Emails Directly"
namun tidak ada insruksi untuk disable "apply content & spam....copies" dan
"remove duplicate list....miltiple list"
sehingga email milis sudah di distribusi tidak tersalin.

Saya sudah coba meotde menggunakan CF dan mendisable 2 opsi yang Bapak
berikan.
Dan sudah berhasil juga.
Terimakasih untuk bantuannya Pak.

Salam,