On 19/10/17 09:59, Bona T Munthe wrote:
> beberapa minggu ini email sangat lambat, untuk login saja bisa 2-3 menit,
> pindah
> ke folder di dalam
> email juga bisa 3-4 menit.
>
> Hal yang dimonitor di server dan dilakukan (mdaemon 17.5.0) :

MDaemonnya versi 64 bit?
Berapa kapasitas RAM fisik yang terpasang?

> a. Pesan yang keluar di task manager  server sering "alt-n mdaemon
> (configuration session)" not responding.

MDaemon diletakkan di DMZ firewall?
Yang bemasalah lambat koneksi dari LAN atau Internet?

> c. Antivirus selain bawaan mdaemon sudah saya non aktifkan dan clamav memakai
> memori 500Mb

ClamD memang pakai RAM besar, run di OS apapun akan kira-2x sebesar itu
pemakaian RAMnya.

Kalau pernah install AV lain diluar Securityplus maka mungkin ada file
worldclient yang berubah, khususnya saat server sibuk.
Coba di reset worldclientnya sbb:

- stop MDaemon service dari windows service control panel.
- ubah nama folder \\mdaemon\worldclient menjadi \\mdaemon\wolrdclient.old.
- refresh install MDaemon dengan versi yang sama.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.1-64 Beta B, SP 5.5-64 Beta B

Wisdom.... comes not from age, but from education and learning.
        --- Anton Chekhov