On 29/01/18 10:14, Slamet Raharjo wrote:
> Pak Syafril, mohon info, clamV ini product antivirus dari mana ya ?

ClamAV open source AV anak perusahaan Cisco Inc, CA USA

http://blog.clamav.net/2013/10/cisco-community-and-open-source.html

> dan manakah yang lebih baik untuk MDaemon antara : Kaspersky, Cyren dan
> clamAV ?

Sama baiknya, hanya saja ClamAV dan Cyren tidak punya fitur Realtime
Protection/Scanning yang memang tidak diperlukan untuk integrasi dengan mail
server.

> Dan menyambung info Pak Syafril beberapa waktu lalu di e-mail terpisah bahwa,
> jika MDaemon tidak di Hosting di Amerika dan Perusahaan saya juga bukan
> Perusahaan amerika, maka tidak ada issue jika antivirus untuk Mdaemon masih
> menggunakan Kaspersky ?

Iya tidak apa-2x pakai SP 5.1 sampai nanti Altn.com menyatakan produk itu sudah
end of life.
Tetapi semua AV engine di SP 5.1 tidak akan pernah diupgrade, hanya AV signature
saja yang akan tetap berjalan.

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg40913.html

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.2-64, SP 5.5-64

I'm unpredictable, I never know where I'm going until I get there, I'm so
random, I'm always growing, learning, changing, I'm never the same person twice.
But one thing you can be sure of about me; is I will always do exactly what I
want to do.
        --- C. JoyBell C.