From: Syafril Hermansyah [mailto:syaf...@dutaint.co.id]
Sent: 12 Maret 2018 13:02
To: MDaemon-L@dutaint.com
Subject: [MDaemon-L] tidak bisa kirim email ke outlook.com/office365

On 12/03/18 12:25, Andreas Donny wrote:
> Mohon bantuannya, knapa dari mdaemon saya selalu gagal kirim email ke
> account yang menggunakan office365. Di log nya di bilang mailbox
> unavailable, padahal account tersebut aktif, bisa kirim email dan
> terima email dari gmail maupun hosting yang lain.
>
> Mohon pencerahannya pak.. berikut salah satu contoh log yang gagal
> kirim ke account office365.

>   --> EHLO mail.  --> EHLO mail.sonoranetwork.co.id

  <-- 250-Requested mail action okay, completed

  <-- 250-SIZE 10000000

  <-- 250-8BITMIME

  <-- 250 OK

  --> MAIL From:<an...@sonoranetwork.co.id> SIZE=3721

  <-- 250 Requested mail action okay, completed

  --> RCPT To:<an...@magentic.id>

  <-- 550 Requested action not taken: mailbox unavailablelli
>   <-- 550 Requested action not taken: mailbox unavailable

Receiver tidak mau terima dari server mail.sonoranetwork.co.id karena DNS PTR
(pointer) recordnya tidak valid.

$ host 103.21.217.107
107.217.21.103.in-addr.arpa domain name pointer sonoranetwork.co.id.

host sonoranetwork.co.id adalah alamat host untuk web server (alias dari
www.sonoranetwork.co.id) kalau mail server nama genericnya adalah
mail.sonoranetwork.co.id.
Beberapa receiver memang tegas dengan aturan internet mail yang standard.

Minta bantuan ISP (link.net.id) untuk mengubah PTR record IP 103.21.217.107
menjadi mail.sonoranetwork.co.id.

Kelihatannya sih sudah diperbaiki sekarang.

$ host 103.21.217.107 dns1.link.net.id
Using domain server:
Name: dns1.link.net.id
Address: 202.137.3.120#53
Aliases:

107.217.21.103.in-addr.arpa domain name pointer mail.sonoranetwork.co.id.

silakan dicoba lagi 1 -2 jam lagi setelah perubahan DNS menjalar merata ke
internet.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 18.0-64 Beta C, SP 5.5.1-64 Beta A, OC
5.5.0 Beta A

Anyone who stops learning is old, whether twenty or eighty. Anyone who keeps
learning stays young. The greatest thing you can do is keep your mind young.
        --- Mark Twain (1835 - 1910)

SG 5.0.1