> Koneksi VPN dari luar menggunakan kecepatan unggah (upload speed) yang
> umumnya berkisar 10% dari kecepatan unduh (download speed) jika pakai koneksi
> broadband.
> Saat VPNclient connected maka kecepatan unduh bagi LAN user akan ikut menurun
> menjadi maksimum = kecepatan unggah yang kecil itu.
> Juga saat public IP VPN server berubah maka koneksi VPN pasti putus.
> Kayaknya tidak layak (not worth), tetapi dicoba saja agar punya pengalaman
> praktis/langsung.

Saya menggunakan VPN dalam keadaan tertentu saja untuk mengakses email.
Kendalanya hanya user yang awam ini akan sulit diterapkan atau user akan
kebingungan.
Lalu jika user lupa mematikan koneksi VPN pasti dan melakukan browsing atau
sbgnya maka bandwidth akan mengalami penurunan.
Itu yang saya alami saat ini.

Jadi menurut saya sih layak digunakan dalam keadaan tertentu saja. Kalau untuk
rutinitas hari2 tarik email tidak layak.
Sekedar sharing saja.