On 12/10/18 17:05, Suzy Ariyani (s...@ptbmi.com) wrote:
> Bagaimana menjelaskan ttg hal semacam ini kpd Pengirim ataupun Penerima
> email?
> dimana org awam bilang begini:
> Server Email (ptbmi.com) yg masalah tidak bisa terima mail dari email
> fci.co.th
> buktinya kami fci.co.th kirim email ke yahoo.com juga bisa sampai.
> Bisakah aturannya disamakan dg yahoo.com dan yg lain jadi kejadian spt
> ini dak sering berulang.

Server domain bb.ptbmi.com adalah server korporasi (corporate) sementara
server yahoo.com adalah server public.
Mau punya/buat akun di domain ptbmi.com harus ijin dulu ke pengelola
mail domain, buat akun di public domain yahoo.com, gmail.com,
outlook.com tinggal isi webform langsung jalan/selesai.
Korporasi mementingkan (concern) spam/non-spam mail, public server
concern dengan jumlah member dan kenyamanan member menggunakan fasilitas
email.

Ibaratnya di dunia nyata adalah membandingkan datang/berurusan dengan
kantor perusahaan dan ke mall/pasar; aturan sopan santun nya tentu berbeda.
Berbisnis dengan korporasi perlu legalitas NPWP/KTP/SIUP dll, dengan
mall/pasar cukup ada uang saja :-)

> mrk pikir bisa dibuat pattern yg baku spt rumus matematika pak..
> padahal kemungkinan utk 1 error yg sama jawabannya beda2 bergantung IP,
> domain name dll dst dkk.

Bukankah sudah pernah saya sampaikan alasan teknisnya di mail yl?
Lihat lagi ke arsip

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg43782.html

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 18.5.0-64 bit

If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and
become more, you are a leader.
        --- John Quincy Adams