On 14/06/19 07.01, Ivan (bluesky1...@gmail.com) wrote:
> Yang dimaksud reserved Ip itu gimana ya Pak, kurang ngerti.

Reserve IP rangenya sbb:

https://en.wikipedia.org/wiki/Reserved_IP_addresses

> Di case saya ini itu IP nya CBN krn saya spooling disana ?

Ya.
Itu adalah mekanisme internal di jaringan LAN CBN hosting.

Perhatikan bahwa internal processing di googlemail tidak (lagi)
menampilkan reserve IP, sama halnya dengan di MDaemon.

> Dan kalau ini penyebab SPAMassasins saya jd ngaco, solusinya gimana ya pak

Bukan spamassasinya ngaco, tetapi memang ada ubahan standard spam score
dari spamassassin, seperti yang disampaikan di link yang Anda berikan.

http://spamassassin.1065346.n5.nabble.com/Loads-of-FPs-caused-by-FORGED-RELAY-MUA-TO-MX-td155395.html

> *  3.3 FORGED_RELAY_MUA_TO_MX No description available.

Semua pemakai spamassasin didunia mengalami hal yang sama.

Perubahan dari spamassasin (resmi) terupdate ke MDaemon melalui
spamfilter update

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/19.0/index.html?sf_antispam_updates.htm

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 19.0.2-64 bit

Friendship... is not something you learn in school. But if you haven't
learned the meaning of friendship, you really haven't learned anything.
        --- Muhammad Ali