On 27/12/19 15.36, Slamet Raharjo (sraha...@aio.co.id) wrote:
>> Terima di inbox atau spam folder?
> Tidak ada.

Kalau tidak ada di spam folder atau inbox lalu di folder mana user itu terima
mailnya?

> Dulu gak ada Domain Sharing pak, maka dari itu daripada pakai Direct SMTP
> yang memerlukan license yang kembar (jumlah usernya harus sama) di tiap
> MDaemon mail server, maka Pak Syafril sarankan menggunakan konsep DomainPOP
> sehingga hanya cukup yang di mail server Pusat yang cover jumlah semua users,
> dan di satellite cukup user factory saja,  dan ini sudah berjalan normal
> tahunan, Nah setelah upgrade ke Versi baru ini ada issue, sepertinya ada yang
> berubah atau tercentang, namun belum tau dimananya.

Di versi baru sebenarnya tidak ada perubahan setting hanya saja memang ada
banyak fitur-2x keamanan baru yang belum mengantisipasi adanya user yang masih
pakai konfigurasi master-satellite dengan domainpop.

Master Satellite memang saya yang awal memperkenalkan dulu, berdasar fitur
domainpop saat koneksi internet masih (banyak) yang pakai Dial Up (telkomnet
instan).
Teknisi-2x kami tidak lagi mengenal domainpop dengan baik, karena saat ini sudah
jarang user kami yang masih/akan pakai domainpop; sudah berganti dengan ODMR (On
Demand Mail Relay) yang lebih advance dengan berkembangnya teknologi Broadband
(wireless dan Wired).

Domainpop pakai protocol POP3 sementara ODMR pakai SMTP tetapi keduanya tetap
bisa memanfaatkan High Speed Asynchronous Connection macam ADSL, Cable Modem,
wireless 4G/5G, Wired FO broadband dls.
DomainPOP melakukan filtering setelah mail diunduh lengkap, ODMR melakukan
filtering di level SMTP persis sama dengan Direct Incoming to SMTP.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 19.5.3-64 bit

In learning you will teach, and in teaching you will learn.
        ---  Phil Collins