On 24/08/20 16.35, EVI RUSNADI wrote:
> Saya coba berikan yang terbaru ya pak :

> ini log antivirusnya :
>
> Mon 2020-08-24 16:24:55.970: * Message from: postmas...@cilegonfab.co.id
> Mon 2020-08-24 16:24:55.970: * Message to: evirusn...@cilegonfab.co.id
> Mon 2020-08-24 16:24:55.970: * Message subject: MDaemon Warning - Virus Found
> Mon 2020-08-24 16:24:55.970: * Message ID:
> <mdaemon1439202008241624.aa2450...@office.cilegonfab.co.id>

Ini salah log.
Harusnya cari dengan kata kunci pencarian message-ID number, dalam hal ini
gunakan 001e01d679f7$a6f1b630$f4d52290$@cilegonfab.co.id.

> Mon 2020-08-24 16:24:55.970: Start MDaemon AntiVirus results (ClamAV)

Dari potongan log diatas terlihat pakai AV ClamAV.
ClamAV memang cepat scanningnya, tetapi menghabiskan banyak sumber daya
khususnya RAM baik di Windows OS maupun Linux OS.
ClamAV terbaru yang dipakai di MD 20.0.1 menggunakan RAM lebih dari 1024 MB.

Kalau RAM fisik kurang dari 16 GB lebih baik pakai Cyren AV saja, agar
penggunaan resources (RAM, CPU) lebih hemat.
Karena saat resources kurang OS akan otomatis pakai virtual RAM yang lebih
lambat dan berdampak AV scan tidak sempurna --> mail masuk quarantine.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/20.0/index.html?antivirus.htm

Virus Scanning Engines

[ ] Use the ClamAV engine to scan messages
[x] Use the Cyren Anti-Virus engine to scan messages

lebih rinci lihat ke arsip berikut

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg45611.html
https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg45619.html

Disamping itu, antispam content filtering juga di MD 20.x tidak lagi membatasi
besarnya file yang di scan.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/20.0/index.html?sf_options.htm

Don't filter messages larger than 20 MB (0 = no limit)

sehingga MDSpamD.exe akan menggunakan RAM yang besar juga.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 20.0.1-64 bit

The more that you read, the more things you will know. The more that you learn,
the more places you'll go.
        ---  Dr. Seuss, I Can Read With My Eyes Shut!