On 08/02/21 18.44, Hengga wrote:
> Ada email yang tidak diterima oleh user dan saya diminta pendapat dan
> penelusurannya.
>
> Informasi yand diberikan ke saya ada email tanggal 4 Feb 2021 14:50
> (screen shot terlampir):

Tidak bisa dilakukan analisis dan pencarian ke log berdasar gambar.
Sama tidak akuratnya (dan susah) kalau cari google search menggunakan
gambar :-)

Tanya ke user sebenarnya mail yang tidak dia terima berasal dari sender
mana (email address atau domain)  dan dikirim tanggal berapa.
Berdasar data itulah baru bisa dicari transaksinya di smtp-in log.

> Btw, nilai setting Timeout di MDaemon saya cek sudah seperti berikut:
>
> Wait 60 seconds for MX responses
>
> Wait 60 seconds for A/AAAA responses
>
> Sekarang dua-duanya saya naikkan menjadi 100 seconds, untuk antisipasi.

Kalau dirasa perlu melakukan ubahan setting bukan berdasar "kira-kira",
tetapi harus berdasar DATA yang valid.
Disamping belum tentu bermanfaat mengatasi problem yang ada, bisa
berdampak ke masalah lain (masalah baru).
Sebaiknya dikembalikan saja dulu ke standard, sampai nanti diketahui
masalah persisnya serta tindakan yang sesuai.

--------
Syafril Hermansyah

MDaemon-L Moderator.
Please do not send mail direct or cc: to me regarding MDaemon problems.
Run MDaemon 21.0 64 bit

Orang tidak akan dihormati orang lain lebih dari dia menghormati dirinya
sendiri
        -- Seneca, Wafat 65